Rabu, 09 Agustus 2023

 MAKANAN SEBAGAI SUMBER ENERGI MANUSIA


Nutrisi

1. Kebutuhan Energi

Manusia membutuhkan energi untuk melakukan segala aktivitas. Jumlah energi yang dibutuhkan tubuh dapat dihitung dengan satuan kalori (kal).

2. Jenis Nutrisi

Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan makhluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan, dan untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ tubuh. Tubuh memerlukan enam jenis nutrisi, yaitu: karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan air.

Karbohidrat adalah sumber energi bagi tubuh. Ada tiga jenis karbohidrat yaitu: gula, pati, dan serat. Namun perlu diketahui bila mengkonsumsi karbohidrat berlebih akan menyebabkan penyakit gula atau diabetes.

Lemak berfungsi melarutkan vitamin A,D,E,K, mengubah asam lemak dan gliserol. Ada dua jenis lemak, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Protein dibutuhkan tubuh sebagai penghasil energi, untuk pertumbuhan, mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pembuat enzim dan hormon, pembentukan antibodi. Protein tersusun atas sejumlah asam amino.

Vitamin berfungsi untuk mengatur fungsi tubuh dan mencegah beberapa penyakit. Vitamin dibagi dua yaitu vitamin yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan vitamin yang larut dalam lemak (A,D,E,K)

Mineral berfungsi dalam proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Mineral yang dibutuhkan tubuh antara lain kalsium (Ca), Fospor (P), Kalium (K), Natrium (Na), Besi (Fe), Iodium (I), dan seng.

Air sangat penting bagi tubuh karena sebagian besar dari tubuh kita berupa air. Kekurangan air menyebabkan dehidrasi.

sumber: https://www.medianekita.com/edukasi/pr-2244827961/rangkuman-materi-ipa-kelas-8-kurikulum-13-bab-4-sistem-pencernaan-manusia




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Aveiro Van Diyazt - Blogger Templates - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -